Kamis, 13 Juni 2019

Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan fungsi menu Ms Word 2010


A. Pengenalan Microsoft Word 2010
       Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sering digunakan dan sangat populer pada saat ini. Secara umum Microsoft Word adalah Software untuk mengolah huruf atau kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, karya ilmiah dan lain sebagainya

B. Menu
       Tabs Menu adalah bagian yang terdapat pada microsoft word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Yang termasuk kedalam tab menu word 2010 adalah sebagai berikut :
  1. Tab File
  2. Tab Home
  3. Tab Insert
  4. Tab Page Layout
  5. Tab References
  6. Tab Maillings
  7. Tab Review
  8. Tab View
C. Fungsi Menu

Fungsi menu dari 8 tab menu word sebagai berikut:
  1. Tab menu file
Dalam tab menu file berisi ikon-ikon sebagai berikut :
Save : untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.
Save As : untuk meyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.
Open : untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan
Close : untuk menutup lembar kerja
juga terdapat beberapa perintah seperti: nfo, recent, new, print, save and send, help, options, dan close.
2.                  2.  Tab menu home
Tab ini paling sering digunakan, karena menggabungkan semua fitur format teks seperti font, dan pengaturan paragraf. Dalam menu home berisi ribbon untuk pengaturan standart, antara lain :
  1. Ribbon Clipboard
  2. Ribbon Font
  3. Ribbon Paragraph 
  4. Ribbon Styles
  5. Ribbon Editing 
3. Tab menu Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan berbagai item dalam dokumen seperti gambar, clip art, halaman cover, tabel, text box, penomeran halaman, dan lain-lain.
  1. Ribbon Pages 
  2. Ribbon Tables
  3. Ribbon Illustrations 
  4. Ribbon Links
  5. Ribbon Header & Footer 
  6. Ribbon Text
  7. Ribbon Symbols
4. Tab menu page layout
Tab ini digunakan untuk mengatur halaman seperti margin, tema, orientasi, dan lain-lain.
  1. Ribbon Themes 
  2. Ribbon Page Setup 
  3. Ribbon Page Background 
  4. Ribbon Paragraph 
  5. Ribbon Arrange 
5. Tab menu References
Tab ini menyediakan banyak solusi sederhana untuk menghasilkan dokumen
  1. Ribbon Table of Contents
  2. Ribbon Footnotes 
  3. Ribbon Citations and Bibliography
  4. Ribbon Captions 
  5. Ribbon Index 
  6. Ribbon Table of Authority 
6. Tab menu Mailings
Tab ini digunakan untuk mengirim surat seperti mencetak amplop dan label
  1. Ribbon Create
  2. Ribbon Start Mail Merge
  3. Ribbon Write & Insert Fields
  4. Ribbon Preview Results
  5. Ribbon Finish
7. Tab menu Review
Tab ini untuk membuat perubahan dalam dokumen yang dimungkinkan karena masalah ejaan atau tata bahasanya
  1. Ribbon Proofing
  2. Ribbon Language
  3. Ribbon Comments
  4. Ribbon Tracking
  5. Ribbon Changes
  6. Ribbon Compare
  7. Ribbon Protect
8. Tab menu View
Tab ini digunakan untuk mengubah tampilan dokumen kita ke dua halaman yang berbeda dan memperbesar/memperkecil halaman
  1. Ribbon Document Views
  2. Ribbon Show
  3. Ribbon Zoom
  4. Ribbon Windows
  5. Ribbon Macros

Tidak ada komentar:

Posting Komentar